PEDAGANG HARUS BERTAHAN DITENGAH PANDEMI, MARI DAFTAR DI PADI UMKM

2020 menjadi tahun yang berat untuk seluruh masyarakat Indonesia terutama para pedagang serta pelaku usaha UMKM yang sudah lama menjajakan dagangannya atau bahkan baru memulai usahanya di tahun 2020 lalu. Pandemi memang menghantam seluruh sektor hingga menyebabkan para pelaku usaha sampai gulung tikar, tapi tidak untuk Sebagian pelaku usaha juga yang terus berjuang untuk mendapatkan keuntungan saat pandemic masih berlangsung. Pengadaan barang dan jasa BUMN juga dianggap sebagai solusi maka itu PaDi UMKM hadir.

PaDi UMKM hadir saat 2020 lalu untuk membantu para pelaku usaha UMKM tetap bertahan dan semakin maju dari sisi perekonomian agar berbagai sektor tetap memberikan harapan untuk seluruh warga Indonesia. KBUMN serta BUMN lainnya berinisiasi untuk membangun platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini agar antara pelaku usaha UMKM serta BUMN tetap terhubung dan saling mendapatkan keuntungan di dalamnya.

Untuk para pedagang diharapkan dapat bertahan di tengah situasi yang sedang sulit ini, dikutip dari sosial media Kemenkopukm (31/01/21), Paguyuban pedagang mie dan bakso telah berdiskusi dengan Kemenkopukm terkait solusi bagi para pedagang mie dan bakso lalu menghasilkan beberapa usulan, dan Platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini meringkasnya dalam informasi berikut ini.

Hibah BPUM (Bantuan Produktif UMKM) dimana pedagang yang memenuhi syarat diusulkan untuk menerima bantuan. BPUM ini adalah bantuan dari pemerintah dalam bentuk uang yang diberikan kepada pelaku usaha mikro yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara. Kemudian anda sebagai pengusaha UMKM diberikan kesempatan mendaftar lewat beberapa tempat diantaranya ada dinas koperasi, kemudian lewat UKM kabupaten ataupun kota. Syaratnya anda bisa memberikan lampiran kepemilikan usaha UMKM.

Selanjutnya platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini juga mengutip tentang kerja sama dengan koperasi peternak yang diharapkan dengan adanya bentuk kerja sama ini, pedagang khususnya pedagang bakso mendapat jaminan pasokan dengan harga beli stabil. Harga beli stabil ini, tentunya akan membuat pedagang dapat mengatur omzet dan kemungkinan di masa yang akan datang dapat melebarkan lapangan pekerjaan sehingga terciptanya rantai pekerjaan yang saling menguntungkan berbagai pihak.

PaDi UMKM sebagai platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini juga mengutip bahwa solusi lainnya yaitu, akses BUMN pangan dimana jika dibutuhkan, kelompok pedagang bakso bisa mendapatkan alokasi impor daging dengan jaminan pasokan dan harga yang sesuai yang nantinya kesejahteraan pada pedagang bakso mampu stabil dan dapat lebih maju ke depannya.

Pembiayaan LPDB-KUMKM juga menjadi solusi lainnya pada informasi yang berhasil dikutip oleh platform pengadaan barang dan jasa BUMN ini, pedagang bakso akan diarahkan untuk berkoperasi agar mendapat akses pembiayaan. Pada platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini juga terdapat fitur pembiayaan yang dikeluarkan oleh beberapa BUMN yang sudah tergabung dengan PaDi UMKM.

KBUMN dan BUMN lainnya juga menyarankan agar UMKM dapat bergabung di padiumkm.id dengan mendaftarkan tokonya secara lengkap agar bisa berjualan secara online dan berbagai aktifitas toko tetap berjalan seperti biasa. Kemudahan ini diinginkan BUMN demi berjalannya UMKM agar terus bertahan dan mampu melewati badai krisis ekonomi untuk sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *