Masa Subur? Yuk Kupas Faktanya di sini!

Sebagai pasangan suami istri yang berencana memiliki momongan, memperhatikan kesuburan adalah hal penting. Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi serta vitamin, sangat membantu terjadinya proses kehamilan.

Anda wajib membuat perencanaan yang matang terlebih dulu seperti menerapkan berbagai cara agar cepat hamil. Salah satunya bisa dengan mengetahui masa subur. Tak sedikit pasangan suami istri yang masih belum mengerti kapan masa subur berlangsung. Berikut hal dasar tentang masa subur yang patut Anda ketahui.

Waktu yang Tepat Untuk Pembuahan

Masa subur atau masa ovulasi merupakan masa dimana sel telur (ovum) yang telah matang dilepaskan dari indung telur dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Jika sel telur sudah dilepas dan tidak dibuahi akan keluar lagi menjadi menstruasi.

Anda dengan jadwal menstruasi teratur akan lebih mudah dalam menentukan periode masa subur. Namun, agak sedikit sulit bagi yang jadwal menstruasinya tidak teratur. Lebih baik konsultasikan ke dokter untuk menanyakan lebih rinci terkait masa subur.

Periode Masa Subur

Waktu terbaik untuk melakukan hubungan intim supaya cepat dikaruniai keturunan yaitu ketika dalam masa subur wanita. Masa subur memiliki periode tertentu, umumnya memiliki rentang 12-16 hari sebelum masa haid berikutnya atau terjadi pada hari ke 10 hingga ke-17 setelah hari pertama haid terakhir. Perhitungan tersebut dapat berlaku bagi perempuan dengan siklus haid 28 hari.

Rajin mencatat tanggal-tanggal penting dalam siklus bulanan menstruasi merupakan salah satu cara agar cepat hamil. Kemungkinan hamil terbesar ada pada satu hingga dua hari sebelum ovulasi. Frekuensi hubungan seksual yang dianjurkan adalah dua hingga tiga kali dalam seminggu pada masa subur tersebut.

Perhatikan Tanda-Tanda di Masa Subur

Tubuh biasanya memberikan sinyal ketika sedang berada dalam masa subur. Menurut American Pregnancy Association, saat ovulasi banyak dari perempuan yang mengalami sedikit peningkatan suhu tubuh.

Perempuan juga cenderung lebih bergairah dan bersemangat. Dr. Rackow menyampaikan “Keputihan atau lendir pada bagian mulut rahim, nyeri payudara, dan kram panggul adalah gejala umum masa ovulasi”.

Manfaat Mengetahui Masa Subur

Pembuahan yang terjadi pada masa subur dapat meningkatkan peluang agar cepat hamil. Meski begitu, terjadinya kehamilan juga disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya yaitu keberhasilan sperma untuk menjangkau sel telur. Sel telur yang matang dan dikeluarkan harus dibuahi dalam jangka waktu 12 sampai 24 jam. Sedangkan sperma tidak bisa selalu memiliki kondisi yang sempurna.

Mengetahui kapan masa subur tidak hanya berguna bagi pasangan yang berencana memiliki anak saja, tapi juga dapat menentukan waktu yang tepat untuk berhubungan intim dengan risiko kehamilan rendah. Cara ini cocok bagi pasangan yang tidak memakai alat bantu KB, seperti IUD, suntik, implan, kondom, dan lain sebagainya. Menghitung periode masa subur bisa menjadi KB alami.

Jika Anda telah melakukan berbagai upaya termasuk berhubungan intim pada periode masa subur namun masih belum membuahkan hasil, jangan kecewa! Tetaplah rutin berkonsultasi pada dokter kandungan untuk mengidentifikasi masalah apa yang terjadi. Rajin memeriksakan kondisi pada dokter juga membuat Anda jadi lebih memperhatikan kesehatan reproduksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *