Apa Itu P2P Lending dan Apa Saja Keuntungannya? Berikut Ulasannya

Di zaman yang serba mahal ini, menata masa depan yang lebih baik harus bisa dilakukan oleh generasi milenial. Supaya ke depannya, mereka tidak akan kesulitan secara finansial. Salah satu yang harus dilakukan oleh para generasi milenial tersebut adalah berinvestasi. Namun, berinvestasi tidak segampang itu. Ada banyak hal yang harus dilakukan supaya investasi milenial tersebut berjalan lancar dan tidak tertipu oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Salah satu investasi yang saat ini sedang populer terutama di kalangan generasi milenial adalah investasi fintech atau Peer to Peer Lending. Apa itu P2P lending atau yang sering disebut juga dengan P2P Lending? Sistem yang dianut oleh investasi ini sangatlah mudah dan gampang untuk dipraktikkan. Sehingga para generasi milenial banyak yang melirik dan mencoba berinvestasi di sini.

Apa Itu P2P Lending?

Peer to peer lending adalah salah satu jenis layanan peminjaman dana untuk bisnis yang belakangan ini sedang ramai digunakan dan diperbincangkan. Dengan peer-to-peer lending, atau yang biasa disebut fintech P2P lending, Kamu bisa meminjam uang kapan saja dan di mana saja asalkan memiliki koneksi internet atau melalui online.

Pertumbuhan peer-to-peer lending saat ini telah berkembang pesat dan mudah diakses oleh masyarakat yang masih kesulitan mendapatkan dana pinjaman, terutama bagi para pelaku UMKM yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usaha mereka. Tidak hanya pelaku UMKM, peer-to-peer lending juga dapat memberikan layanan pinjaman bagi mereka yang membutuhkan dana untuk pendidikan maupun kesehatan.

Setiap pihak yang memberikan layanan pinjaman peer-to-peer lending biasanya standarnya masing-masing, mulai dari kelayakan kredit pinjaman, nominal dan tenor pinjaman, suku bunga, hingga tingkat keamanan. Namun tenang saja, ada banyak sekali pihak yang bisa menyediakan layanan pinjaman ini, jadi kamu memiliki banyak opsi pilihan.

Kuntungan Investasi di Platform P2P Lending

Meski begitu, sebelum mempelajari apa saja yang harus dilakukan dan segala peraturan investasi, ada baiknya kamu mengerti terlebih dahulu tentang keuntungannya. Supaya kamu lebih yakin dan tak perlu ragu lagi jika ingin berinvestasi. Berikut keuntungan investasi fintech yang bisa kamu dapatkan:

Penggunaan Modal yang Minim

Modal yang minim merupakan awal dari keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari investasi untuk pelajar. Kebanyakan masyarakat berpikir jika investasi dengan modal besar, seperti saham misalnya, maka keuntungan yang akan didapatkan pun juga besar. Sayangnya, bagi para generasi milenial yang terkadang tidak memiliki modal besar, maka hal ini menjadi sebuah kendala yang membuat mereka enggan berinvestasi.

Namun, dengan adanya investasi P2P Lending, hal tersebut bukanlah sebuah masalah yang berarti lagi. Karena modal yang dikeluarkan pun tidak perlu besar seperti yang kebanyakan orang pikir tentang investasi. Bahkan investor pemula, bisa menyetor dana sebesar 100 ribu terlebih dahulu dan tentunya nominal tersebut cukup terjangkau bagi para generasi milenial. Tidak terlalu besar dan masih bisa diusahakan.

Hasil atau Imbalan yang Tinggi

Setiap orang menginginkan hasil yang besar dan menambah pundi-pundi kekayaan yang mereka miliki saat pertama kali mencoba berinvestasi. Dalam hal ini investasi fintech tidak hanya menawarkan keuntungan dari segi modal yang minim, tapi juga dari segi imbalan yang didapat cukuplah tinggi. Fintech menjadi sesuatu yang saat ini semakin digandrungi oleh para generasi milenial zaman now.

Kamu bisa mendapatkan keuntungan sekian belas persen per tahunnya dengan investasi fintech yang ada sekarang. Bahkan tak jarang pula platform yang memberikan imbalan sekian puluh persen per tahunnya. Padahal, rata-rata dalam bunga acuan hanya 5,75% saja yang bisa kita dapatkan. Namun, sekarang, bagaimana para generasi milenial tidak tergiur jika imbalan yang didapat saja lebih dari bunga acuan tersebut?

Dapat Memilih Calon yang Akan Meminjam

Hal lainnya yang bisa kamu dapatkan dari investasi adalah adanya keleluasaan dalam memilih calon peminjam yang benar-benar membutuhkan modal. Nantinya, pihak fintech sendiri akan mengirimkan sejumlah profil dan data-data yang diperlukan kepada calon investor untuk menilai apakah calon peminjam tersebut layak atau tidak untuk dipilih.

Sebagai investor, tentunya kamu tidak ingin mengalami kerugian karena telah salah memilih calon peminjam. Sehingga keuntungan yang satu ini pastinya sangat berguna bagi kamu. Kamu bisa mempertimbangkannya dengan lebih matang.

Kembangkan Dana Sekaligus Tingkatkan Ekonomi Berasama Amartha

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Amartha adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 15% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Keuntungan pendanaan dan pembiayaan di P2P Lending Amartha

Amartha menawarkan keuntungan menarik baik bagi pemodal maupun peminjam. Bagi pemodal, keuntungan yang bisa diperoleh, diantaranya:

  • Transparansi terkait dengan informasi tentang profil calon peminjam yang disertai dengan skor kreditnya, sehingga memudahkan pemodal untuk mempertimbangkan risiko sebelum membuat keputusan untuk memberikan pendanaan.
  • Dalam akad perjanjian, pemodal bisa mengetahui secara jelas data diri peminjam dan tujuan dari peminjaman modal tersebut.
  • Informasi angsuran ditampilkan secara online pada dasbor akun pemodal.
  • Imbal hasil yang tersedia bisa ditarik kapan saja sehingga bersifat likuid.
  • Pemodal dapat memperoleh tingkat pengembalian yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan menggunakan instrumen investasi konvensional.

Tentu tak hanya pemodal saja yang dapat memperoleh keuntungan dalam proses pembiayaan di Amartha, tetapi juga para peminjam. Adapun keuntungan yang ditawarkan kepada peminjam, antara lain:

  • Jangkauan layanan yang lebih luas hingga ke pelosok daerah, sehingga memungkinkan bagi calon peminjam yang belum tersentuh dengan layanan perbankan konvensional untuk mengaksesnya.
  • Memberikan peluang akses pembiayaan yang lebih mudah bagi para pelaku UMKM.
  • Memperoleh skor kredit yang bisa menjadi referensi dalam mendapatkan nilai pembiayaan lebih besar.

Demikianlah beberapa keuntungan investasi aman yang mungkin bisa kamu coba dan mungkin saja kamu akan beruntung. Berawal dari hal-hal kecil, nantinya sebagai generasi milenial, kamu akan semakin mahir dalam mengelola keuangan sehingga tidak habis untuk hal yang tidak bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *