5 Cara merawat aglonema Pink Sunset dengan Baik

Sebagaimana yang diketahui oleh banyak orang, bahwa aglonema merupakan salah satu jenis tanaman yang digemari oleh kolektor. Berbagai alasan dikemukakan oleh para kolektor untuk mengoleksi aglonema, mulai dari sekedar hobi, sebagai hiasan rumah, hingga menjadikan aglonema sebagai sebuah investasi.

Orang awam tentunya beranggapan, bahwa mengoleksi aglonema akan sulit untuk memasarkan kembali karena dianggap sebagai tanaman musiman. Sehingga hal ini membuat mereka berfikir ulang ketika akan membeli dan menjadikan aglonema sebagai barang koleksian. Namun hal ini dibantah tegas oleh para kolektor aglonema sejati, karena tanaman ini telah memiliki ribuan hingga jutaan member khususnya di Indonesia.

Aglonema juga sering menjadi perbincangan karena sering mengadakan kontes di beberapa kota besar di Indonesia. Kontes aglonema ini tidak sembarang diikuti oleh orang yang memiliki aglonema saja, melainkan oleh orang yang benar dan sungguh memiliki aglonema rawatan. Pada kontes aglonema tentunya memiliki banyak kriteria dan juga persyaratan sesuai dengan aturan kontes yang sedang berlangsung.

Pada umumnya kontes aglonema memiliki persyaratan yang mencakup : kesehatan tanaman, rumpun atau tidak, memiliki warna yang sempurna, memiliki daun dengan ukuran yang rata, serta banyak sekali kriteria lainnya sesuai dengan aturan kontes yang akan anda ikuti. Namun aglonema yang sehat dan memiliki daun seukuran merupakan syarat utama saat mengikuti kontes ini.

Banyak jenis aglonema yang telah masuk dalam daftar kontes di beberapa daerah Indonesia. Salah satu jenis aglonema yang sering menjadi juara di kontes aglonema ialah aglonema Pink Sunset. Jenis aglonema ini sebenarnya memiliki cara perawatan yang tidak jauh berbeda dengan jenis aglonema lainnya. Merawat aglonema tentunya sedikit banyak dapat anda ketahui dari ponsel yang ada pada genggaman yang tentunya memiliki jaringan internet.

Anda dapat mengakses cara merawat aglonema Pink Sunset melalui website, yotube, hingga grup aglonema yang anda ikuti. Sumber  ilmu tentang merawat aglonema Pink Sunset tersebut akan menjadi pengetahuan hingga menjadikan sebuah hobi khusus di tengah penatnya bekerja.

Berawal dari hobi mengoleksi aglonema, kini anda dapat mulai merawat aglonema dengan berbekal secuil ilmu yang anda ketahui. Untuk menambah ilmu mengenai cara merawat aglonema yang benar, anda dapat memperhatikan beberapa penjabaran berikut ini.

5 Cara merawat aglonema Pink Sunset dengan Baik

Sebagaimana yang sedikit disinggung di atas, bahwa merawat jenis aglonema Pink Sunset tidak jauh beda dnegan merawat jenis aglonema lainnya. Bagi pemula sebaiknya mengetahui cara merawat aglonema Pink Sunset mulai dari menanam hingga merawat dalam kesehariannya.

Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk merawat aglonema Pink Sunset mulai dari saat menanam ialah dengan menyiapkan media tanam, jenis pot, dan juga jenis pupuk yang cocok.

Media tanam yang anda gunakan sebaiknya berasal dari campuran 7 bahan yang mengalami fermentasi sebelumnya. 7 bahan tersebut diantaranya mengandung: sekam bakar, sekam mentah, pakis, coco peat, andam,  kompos, dan dolomite. Dari bahan yang mengalami fermentasi tersebut, anda dapat mencampurnya dengan perlite dan juga pasir malang sebagai sebuah pelengkap.

Setelah bahan media tanam telah anda siapkan, kini saatnya anda menanam aglonema pad apt yang sesuai. Gunakan ukuran pot sesuai dengan banyaknya akar, semakin banyak akar tentunya pot yang anda gunakan juga sebaiknya semakin besar. Sehingga apabila aglonema anda memiliki akar yang sedikit juga seharusnya anda menggunakan pot dengan ukuran lebih kecil.

Letakkan media tanam atau metan aglonema Pink Sunset sebagian saja terlebih dahulu, baru kemudian letakkan tanaman aglonema di atasnya sembari anda pegangi. Tambahkan beberapa butir pupuk yang dikenal sebagai pupuk merah ke dalamnya. Kemudian tambahkan media tanam hingga memenuhi pot.

Siram kocor dengan antracol

Cara kedua yang dapat anda lakukan pada tanaman aglonema anda yang baru saja anda tanam ialah dengan menyiram antracol. Siram kocor hingga air dapat keluar secara keseluruhan. Hal ini mencegah tanaman aglonema Pink Sunset terhindar dari jenis bakteri dan juga virus.

Memberikan vitamin B1 tanaman

Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk merawat aglonema Pink Sunset ialah dengan memberikan vitamin B1 pada aglonema yang anda miliki. Vitamin B1 dijual bebas di toko tanaman yang terdekat. Sebagaimana fungsi vitamin, bahwa vitamin B1 juga dapat anda gunakan untuk menyehatkan dan membuat aglonema nampak lebih segar.

Pemberian B1 pada tanaman aglonema dapat anda lakukan  sekitar 2×24 jam setelah menyiram tanaman. Bila terlalu sering atau dirasa tanaman semakin layu, maka anda dapat menyiram B1 dengan jarak 1 minggu sekali.

Letakkan di tempat terbuka

Cara merawat aglonema yang ke empat ialah dengan meletakkan aglonema yang anda miliki pada tempat yang terbuka. Tempat terbuka yang dimaksud sebenarnya bukan pada tempat yang rawan hujan dan panas. Melainkan tempat yang terhindar dari keduanya namun tetap terbuka. Salah satunya ialah di teras rumah yang teduh namun tidak lembab.

Peletakan aglonema yang benar sebaiknya memiliki sirkulasi udara yang lancar. Hal ini bertujuan menghindarkan aglonema dari masalah daun lonyot hingga beberapa masalah serius lainnya. Banyak orang awam yang tidak mengetahui hal ini, sehingga aglonema yang mereka miliki mendadak layu hingga kemudian mati.

Mengetahui cara siram yang benar

Aglonema Pink Sunset dan jenis lainnya memang tidak suka tempat yang lembab. Namun tanaman ini juga memiliki sistem siram yang unik, yaitu siram kocor. Cara menyiram kocor yaitu dengan mengguyurkan air mengalir pada bagian aglonema hingga air tersebut mengalir keluar atau ke bawah dari pot. Lakukan pengguyuran ini secara berkali kali, hingga air yang dikeluarkan benar benar bening.

Fungsi dari siram kocor pada aglonema ialah untuk membuat media tanam steril dari zat kimia yang mengendap. Sehingga akar dari tanaman aglonema ini menjadi lebih sehat karena menyerap air di media yang bersih.

Setelah anda siram kocor, letakkan aglonema pada rak yang memungkinkan air di dalam pot turun secara sempurna. Air yang mengendap pada media juga dapat memicu akar aglonema Pink Sunset menjadi rusak bahkan lonyot.

Selain dengan 5 cara di atas, merawat aglonema Pink Sunset juga membutuhkan jadwal siram yang tepat. Usahakan agar aglonema anda tetap terjaga dengan memperhatikan jadwal siram. Paling bagus jadwal siram aglonema ialah setiap 4 hari sekali, namun juga dapat berubah sesuai dengan kondisi cuaca di tempat anda.

Apabila anda ada pada musim panas, anda dapat melakukan siram kocor setiap 3 hari sekali. Namun pada musim hujan bahkan cenderung lembab, maka anda dapat menyiram aglonema Pink Sunset setiap 5 hingga 7 hari sekali. Simak berbagai info seputar aglonema pada website aglonema terpercaya, agar aglonema anda tetap sehat dan semakin mudah berkembang biak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *